Faktor Yang Menjadikan Klaim Asuransi Allianz Tidak Bisa Disetujui

Faktor Yang Menjadikan Klaim Asuransi Allianz Tidak Bisa Disetujui

Asuransi akan memberikan manfaat perlindungan yang menguntungkan apabila klaim yang diajukan disetujui oleh perusahaan. Sehingga penerima manfaat akan mendapatkan keuntungan dengan santunan yang bisa digunakan untuk mencegah kerugian finansial yang terjadi pada keluarga. Akan tetapi ketika mengajukan klaim tersebut termasuk pengajuan klaim asuransi Allianz juga bisa mempunyai resiko dari klaim yang bisa untuk disetujui. Beberapa faktor yang menjadikan klaim tidak bisa diterima sehingga tidak bisa mendapatkan manfaat asuransi adalah karena alasan berikut ini.

Tidak Memberikan Informasi Resiko Yang Terjadi Sebelumnya

Faktor pertama yang perlu untuk diperhatikan yang membuat klaim tidak disetujui adalah karena tidak memberikan informasi resiko yang dialami oleh tertanggung sebelumnya. Di mana tindakan pertama yang perlu dilakukan ketika mengalami resiko yang merugikan adalah dengan memberikan laporan terlebih dahulu secara verbal kemudian baru mengikutinya dengan mengajukan klaim tertulis. Hal ini berlaku dalam alur banyak asuransi yang ada di Allianz seperti asuransi perjalanan, asuransi kendaraan, asuransi kesehatan kumpulan, dan juga masih banyak lainnya.

Sehingga apabila tidak memberikan laporan dari resiko yang dialami dalam waktu yang telah ditentukan maka membuat klaim tidak bisa untuk disetujui. Waktu pemberian laporan resiko yang terjadi juga beragam sehingga bisa disesuaikan dari produk asuransi yang dimiliki. Seperti asuransi kendaraan membutuhkan laporan resiko dalam waktu maksimalnya 72 jam, sedangkan untuk laporan kematian produk Smart Health Classic Premier paling lambat adalah 30 hari setelah kematian.

Polis Tidak Dalam Keadaan Yang Aktif

Faktor selanjutnya yang membuat klaim asuransi Allianz tidak bisa untuk diterima oleh perusahaan asuransi adalah karena polis yang tidak dalam keadaan aktif. Contohnya ketika akan mengajukan klaim asuransi secara cashless maka kartu anggota asuransi yang dipunyai akan digesek terlebih dahulu. Kemudian akan muncul informasi mengenai polis asuransi yang dipunyai termasuk juga masa aktif polis. Apabila polis asuransi tidak aktif maka hal tersebut dapat membuat pengajuan klaim yang dilakukan tidak bisa diterima. Untuk bisa menggunakan klaim selanjutnya maka bisa untuk mengaktifkan kembali polis asuransi yang dimiliki.

Pengajuan Klaim Tidak Memperhatikan Waktu Yang Tepat

Klaim yang tidak akan disetujui juga terjadi karena tidak mengajukan klaim di waktu yang tepat. Keunggulan klaim yang bisa didapatkan adalah dapat dilakukan di mana saja termasuk juga di rumah tanpa perlu datang ke kantor karena bisa melakukan secara online termasuk produk asuransi dari Allianz. Tetapi perlu diperhatikan bahwa pengajuan klaim tidak bisa dilakukan kapan saja karena mempunyai waktu yang sudah ditentukan untuk mengajukan klaim. Dengan pengajuan di waktu yang tidak tepat maka membuat klaim tidak disetujui yaitu ketika :

  • Pengajuan klaim masih dalam masa tunggu.
  • Pengajuan klaim melebihi masa pengajuan paling lambat yang ditetapkan setelah terjadinya resiko.
  • Pengajuan klaim saat masa lapse yang membuat polis tidak aktif.

Termasuk Ke Dalam Pengecualian

Hal lainnya yang membuat pengajuan klaim tidak disetujui yaitu ketika mengandung unsur yang termasuk ke dalam pengecualian. Untuk pengecualian dari produk asuransi sendiri berbeda-beda, sehingga bisa mengetahui dengan pasti dan jelas mengenai pengecualian produk asuransi yang dipunyai. Informasi pengecualian tersebut ada di dalam polis, sehingga untuk menghindari klaim ditolak karena pengecualian maka bisa memastikan klaim yang diajukan tidak ada klausal pengecualian yang dipunyai.

Tidak Termasuk Ke Dalam Manfaat Asuransi

Hal terakhir yang menjadikan klaim yang diajukan tidak diterima adalah ketika tidak termasuk ke dalam manfaat asuransi. Contohnya untuk asuransi kesehatan dari Allianz mempunyai manfaat perlindungan dan perawatan yang berbeda. Apabila mengajukan klaim yang tidak termasuk dalam pengecualian maka akan membuat klaim tidak diterima. Sedangkan untuk klaim cashless akan menimbulkan ekses yang perlu mengeluarkan biaya perawatan dari dana pribadi untuk perawatan yang tidak ditanggung oleh asuransi.

Berbagai faktor yang menjadikan klaim asuransi Allianz seperti di atas bisa diperhatikan karena akan membuat kerugian ketika klaim tidak diterima. Faktor lainnya yang bisa membuat klaim akhirnya tidak bisa disetujui adalah ketika dokumen yang diberikan tidak lengkap, data yang diberikan salah, tidak memilih rumah sakit rekanan dari Allianz, dan memilih besar santunan yang melebihi ketentuan polis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa itu Dark Fiber dan Apa Saja Manfaatnya Previous post Apa itu Dark Fiber dan Apa Saja Manfaatnya?